Rezeki tidak akan tertukar

Rezeki adalah segala pemberian Allah yang bermanfaat, berdaya guna bagi setiap makhluk, serta dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber kehidupan. Rezeki juga berarti anugerah, karunia atau pemberian dari Allah untuk makhluknya. Rezeki  Merupakan bagian dari takdir Allah Subhanahu wa ta'ala. Jika kita ingin memahaminya maka harus bisa memahami takdir dengan baik. 


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَمَا مِنْ دَآ بَّةٍ فِى الْاَ رْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَ يَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ


"Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)."

(QS. Hud 11: Ayat 6)


Setiap makhluk Allah Subhanahu Wa Ta'ala termasuk manusia, dipastikan sudah tersedia rezeki untuk kebutuhan dan kelangsungan hidupnya di atas permukaan bumi ini Bahkan dalam sebuah hadits qudsi, Allah menegaskan, “Jangan khawatir dengan sempitnya rezeki yang Allah berikan kepada hamba-Nya. 


Sesungguhnya kekayaan yang dimiliki oleh Allah tidak akan pernah habis dan selama - lamanya”.

Ibnu Qayyim rahimahullah berkata, "Saya akan selalu senang dan tenang karena 2 hal, Pertama, rezekiku sudah Allah tentukan, tidak akan diambil orang lain, dan yang Kedua , ajalku sudah ditentukan, tidak pernah akan berubah selamanya..".


Sebenarnya rezeki semua manusia bahkan seluruh makhluk yang ada di dunia ini sudah telah ditulis dan ditentukan di Lauh Mahfuzh.


Jadi, kamu tidak usah risau akan rezeki yang kamu dapatkan. Kamu tidak prtlu merasa kekurangan atau miskin karena seluruh rezeki yang kamu dapatkan sudah dijamin oleh Allah SWT. 


Sehingga jika kamu bisa menerimanya, segala kebutuhan kamu pasti akan tercukupi.


Rezeki Allah SWT yang  datang dari arah mana pun dan terkadang tidak terduga. 


Allah SWT merupakan sumber dari segala rezeki yang kita dapatkan sehingga sudah sepantasnya kita harus bersyukur.


Bersyukur tidak hanya diucapkan melalui lisan, melainkan juga diamalkan dengan perbuatan. 


Menolong orang yang sedang kesusahan atau berinfak merupakan wujud rasa syukur. Dengan begitu, niscaya Allah SWT akan mencukupkan kebutuhan hidup.


Ingat, ya, bahwa rezeki tidak semata-mata berwujud materi. Jika kamu sedang dalam keadaan susah, tetap berusaha dan jangan sekali-kali berputus asa kepada rahmat Allah SWT, ya.


Penulis Novita