Tips Menenangkan Pikiran Agar Tidak Stres

Pikiran adalah gagasan dan proses mental. Berpikir memungkinkan seseorang untuk merepresentasikan dunia sebagai model dan memberikan perlakuan terhadapnya secara efektif sesuai dengan tujuan, rencana, dan keinginan.

Cara menenangkan hati dan pikiran bisa dilakukan di tengah kegiatan produktif, cara-cara sederhana ini membuat kita lebih rileks dan tenang untuk menghadapi rutinitas 

1. Cara sederhana menenangkan hati dan pikiran adalah bernapas.

Pernapasan ini bisa dilakukan dimana saja. Pernapasan mengaktifkan sistem saraf untuk merespon ketenangan dalam tubuh. Cobalah untuk instirahat sejenak, kemudian menghirup dan menghembus udara secara teratur. Cara menarik nafas dalam 4 hitungan, kemudian hembuskan nafas sebanyak dua kali lebih lama (misal hitungan Keenam atau delapan). Ketika kita melakukan pernapasan, sistem saraf parasimpatis akan aktif untuk mengurangi detak jantung dan tekanan darah.

2. Self compassion self.

Compassion adalah kemampuan seseorang untuk menyadari emosi yang ada dalam diri sendiri. Emosi ini bisa muncul ketika dihadapkan pada kegagalan. Self compassion menjadi cara untuk memperoleh kehidupan membahagiakan dan positif. Contoh self compassion adalah rasa peduli pada diri sendri, memahami kegagalan diri sendiri, peduli dan menerima kegagalan.

3. Komunikasi kasih sayang dari orang lain dibutuhkan untuk penenang pikiran.

Jika ada hal-hal yang mengganggu, cobalah untuk berkomunikasi pada orang lain. Kebaikan dan kasih sayang membantu diri sendiri untuk menghadapi kesulitan. Carilah bahan obrolan bersama orang terdekat untuk mengungkapkan emosi dan stres, luangkan waktu untuk bernapas, peduli pada diri, dan terhubung dengan orang lain. Hal ini membantu untuk mendapatkan energi dan ketenangan.

Jika kita merasa cemas, takut, dan panik cobalah untuk mengatasi sesuai kemampuan. Cara sederhana yang dapat membantu kita untuk mengatasi stres yang hadir adalah dengan berendam di bak air hangat agar menenangkan hati dan pikiran. Dengarkan musik yang menenangkan, contohnya seperti musik klasik atau instrumental. Berlatih meditasi untuk memusatkan ketenangan pikiran. Rutin menulis kegiatan di buku ketika waktu santai. Ceritakan tentang perasaan Anda setiap hari dalam buku tersebut.

[dna]